latest Post

5 Langkah Tepat Merawat Sepatu Kulit

Image result for 5 Langkah Tepat Merawat Sepatu Kulit"

Kulit adalah salah satunya bahan sepatu yang terbanyak disukai baik oleh golongan pria atau wanita. Sepatu type ini bisa membuat Kamu terlihat dewasa serta elok. Sepatu kulit pas dipakai dalam kondisi resmi atau semi resmi.

Menjaga sepatu kulit sendiri terhitung gampang-gampang susah. Tanpa ada perawatan yang pas, sepatu kulit bisa jadi kering sampai pada akhirnya pecah-pecah serta retak. Pada intinya, ada lima langkah yang butuh dikerjakan untuk menjaga sepatu, yaitu persiapan, pembersihan, conditioning, polishing, serta perlindungan.

Yang butuh Kamu ingat, ada ketidaksamaan di antara perawatan sepatu memiliki bahan kulit, suede, nubuck, atau sepatu olahraga. Beberapa tips di bawah ini diperuntukkan untuk menjaga sepatu kulit type smooth leather.

1. Pilih produk perawatan serta persiapan
Yakinkan produk yang akan Kamu pakai direferensikan untuk sepatu memiliki bahan smooth leather. Untuk lakukan perawatan secara detail, Kamu membutuhkan beberapa bahan di bawah ini:
  • Koran 
  • Sarung tangan 
  • Lap atau kain katun halus 
  • Sikat sepatu halus 
  • Pembersih 
  • Conditioner 
  • Semir sepatu 
  • Pelindung (produk waterproofing) 
Bekerjalah di atas koran, pakai sarung tangan, serta kerjakan perawatan di ruang yang mempunyai ventilasi baik. Persiapan ini penting sebab banyak produk perawatan model sepatu safety memiliki kandungan bahan kimia yang mungkin beresiko.

2. Bersihkan Sepatu
Membersihkan sepatu dari kotoran dengan bahan pembersih yang dibikin spesial untuk sepatu memiliki bahan smooth leather. Bahan pembersih ini bisa berupa gel, busa, spray, cairan, atau cream. Banyak pembersih kulit umumnya di jual bersama dengan applicator top, atau Kamu dapat memakai sikat sepatu lembut untuk menolong bersihkan kotoran di permukaan sepatu. Sikat ini dapat dipakai untuk hilangkan kotoran dari celah-celah retakan sepatu.

Sesudah dibikin bersih, biarlah sepatu kering sepanjang beberapa waktu serta mulai lap dengan kain katun lembut, baik kain spesial sepatu atau kaos lama Kamu. Yang penting lembut serta dibuat dari katun.

3. Conditioner
Conditioning bisa menolong melembabkan sepatu Kamu hingga lebih lembut, mencegahnya jadi kering serta pecah-pecah. Sepatu kulit type tersendiri serta sepatu yang dipakai di wilayah kering umumnya membutuhkan conditioning seringkali.

Beberapa produk pembersih ada yang berbentuk pembersih serta conditioner sekaligus juga. Tetapi bila Kamu ingin sepatu Kamu mendapatkan perawatan dengan komplet, pakai produk untuk pembersih serta condition dengan terpisah. Cari conditioner memiliki bahan alami yang bisa terserap ke bahan sepatu. Sebab conditioner sintesis cuma bisa melembabkan sisi permukaan saja.

Langkah pemakaiannya, gosokkan sedikit conditioner pada sepatu serta gosokkan ke semua permukaan. Sesudah beberapa waktu, hapus conditioner yang masih ada semuanya sebab kulit cuma menyerap sedapatnya saja.

4. Menyemir serta Memoles Sepatu (Polishing)
Beberapa orang mungkin tidak sadar jika produk semir sepatu banyak yang memiliki kandungan bahan kimia beracun serta dikelompokkan benar-benar beresiko. Bahan kimia ini bisa terserap dalam kulit atau terhirup ke pada tubuh Kamu.

Karenanya, yakinkan Kamu memakai sarung tangan sebelum mengawali polishing. Kamu dilarang minum alkohol waktu menyemir sepatu sebab bisa tingkatkan dampak bahan kimia tersendiri. Janganlah lupa jauhkan semir sepatu dari jangkauan beberapa anak atau hewan peliharaan.

Pakai semir sepatu harus di ruang dengan ventilasi baik. Semua isi produknya harus juga dipakai. Bila masih sisa, beri pada seorang lain untuk digunakan. Bila ingin membuangnya, semir sepatu harus diatasi jadi intisari rumah tangga beresiko. Lap atau baju yang dipakai waktu memakai polish harus juga selekasnya dibuang.

Walau beberapa polisher diklaim tidak beracun, umumnya perusahaan tidak memberikan bahan membuatnya, hingga kita mustahil tahu apa produk itu betul-betul bebas berbahan kimia beresiko. Bila Kamu tidak meyakini untuk mengerjakannya sendiri, bawa serta sepatu Kamu ke tukang reparasi untuk dibikin bersih serta disemirkan.

Semir sepatu ada berbentuk cairan, cream, atau pasta. Semir cair bisa jadi kering secara cepat, tetapi tidak ada dalam beberapa pilihan warna serta tidak awet dibanding bentuk yang lain. Semir pasta paling awet, tetapi hasilnya benar-benar tidak rapi serta langkah pemakaiannya lumayan lama. Semir cream paling nyaman dipakai serta ada dalam beberapa pilihan warna.

Coba semir pada titik yang tidak menonjol terlebih dulu serta yakinkan warnanya telah pas. Gosokkan ke sepatu dengan kain lembut serta biarlah jadi kering seutuhnya. Sesudah semir jadi kering, usap dengan kain lembut atau sikat yang dibikin spesial untuk mengkilapkan sepatu.

Kamu dapat memakai semir pilihan tradisionil yang lebih aman. Contohnya menyeka sepatu kulit Kamu dengan sisi dalam kulit pisang, minyak zaitun, atau minyak kenari. Pakai sedikit saja pada sepatu serta usap dengan kain katun lembut. Coba terlebih dulu cara ini dalam tempat yang tidak menonjol mata sebelum memakainya ke semua permukaan sepatu.

5. Perlindungan waterproof serta weatherproof
Weatherproofing bisa menolong membuat perlindungan sepatu kulit Kamu dari kehancuran yang disebabkan oleh air atau komponen yang lain. Bila Kamu lebih mengutamakan perlindungan dibanding tampilan, kamu dapat memakai beeswax. Produk ini bisa membuat susunan pelindung di permukaan sepatu serta tidak terserap ke kulitnya. Perlindungan ini lebih tahan pada air, tetapi susunan tambahannya dapat kurangi keindahan sepatu Kamu.

Bila Kamu lebih mengutamakan tampilan, Kamu bisa memakai spray pelindung. Pelindung ini masih dapat dipakai membuat perlindungan sepatu dari cuaca yang tidak basah. Produk ini umumnya tidak terlihat di sepatu hingga tidak kurangi keindahan penampilannya.

About B Hartanto

B Hartanto
Recommended Posts × +