latest Post

5 Trik Memilih Ukuran Sepatu yang Tepat


Mungkin kalian terlatih beli sepatu di toko sepatu safety di glodok dengan ukuran tentu kaki kalian. Tetapi tahu, tidak? Tiap-tiap mode sepatu nyatanya mempunyai ukurannya semasing. Agar tidak salah pilih ukuran waktu beli sepatu, kita lihat bagaimanakah cara memastikan ukuran sepatu yang nyaman untuk kaki, yuk!

Lebih dari 2.000 orang nyatanya lebih memprioritaskan pilih model sepatu dibandingkan bagian kenyamanan kaki saat memakainya. Walau sebenarnya saat kita memakai sepatu yang ukurannya tidak pas dengan kaki, kita dapat berefek kurang nyaman saat berjalan serta dapat merubah bentuk kaki serta jari-jari pada kaki, lho.

Jika semenjak awal sepatu yang kita gunakan telah berasa tidak nyaman, jadi selama-lamanya sepatu itu akan demikian. Ada banyak mitos yang menjelaskan jika saat kita seringkali memakai sepatu, nanti sepatu itu akan sesuaikan ukuran kaki kita. Walau sebenarnya teori itu salah. Sepatu memang akan alami peregangan sebab langkah dari kita berjalan, akan tetapi hal tersebut tidak membuat sepatu alami bertambahnya ukuran.

Tom Florsheim Jr., seseorang pembuat sepatu serta pemilik perusahaan sepatu Florsheim Shoes, memberi panduan untuk pilih sepatu dengan ukuran yang pas, yakni:

1. Pilih Waktu yang Pas 
Saat kalian ingin beli sepatu, pilih waktu pada malam hari. Sebab saat malam hari kaki kita alami perubahan sesudah sepanjang hari berjalan.

2. Berikan Ruangan Kosong 
Yakinkan ada ruangan kosong seputar 1,2 cm pada jari terpanjang kaki dengan ujung sisi dalam sepatu. Sebab saat kita berdiri, kaki akan berubah mengarah depan, hingga butuh ruangan cukuplah untuk jari kaki.

3. Masukan Jari Telunjuk ke Sisi Belakang Tumit 
Perihal ini bermanfaat untuk pastikan adakah jarak pada kaki dengan ujung sepatu sisi belakang. Jika jari telunjuk kita tidak ingin masuk, pilih satu ukuran sepatu yang semakin besar.

4. Gunakan Kaos Kaki 
Jika kalian beli sneakers, lakukan untuk mencobanya dengan menggunakan kaos kaki yang biasa kalian gunakan.

5. Pilih Ukuran Kaki Paling besar 
Jika kalian mempunyai ukuran kaki yang berlainan pada kanan serta kiri, lebih baik pilih ukuran sepatu ikuti ukuran kaki kalian yang semakin besar. Jika ukuran sepatu yang lainnya sangat besar, kalian dapat memakai penambahan insole atau sol dalam sepatu.

Memakai sepatu yang ukurannya sama dengan kaki kita akan berasa bertambah nyaman saat dipakai sepanjang hari serta akan tidak menghalangi perkembangan kaki dan membuat sepatu yang kalian punya bisa bertahan lebih lama. Mulai saat ini pilih ukuran sepatu yang nyaman serta sama dengan kaki kita, ya!

About B Hartanto

B Hartanto
Recommended Posts × +