latest Post

Panduan Sederhana Dalam Memilih Sepatu Formal

Related image

Seperti yang telah di terangkan pada artikel terdahulu oleh Rush, sepatu resmi/dress shoes ialah sepatu yang harus di punya. Tiap-tiap pria harus mempunyai beberapa pasang dress shoes untuk ke kantor atau acara-acara terpenting lainnya. Entahlah itu untuk acara usaha atau kencan spesial Kamu, tidak ada yang bisa membuat Kamu tampak lebih sukses atau seksi tidak hanya dress shoes yang berkualitas.

Apakah yang Kamu gunakan pada kaki Kamu bisa melakukan perbaikan atau mengakibatkan kerusakan tampilan Kamu. Tidak perduli apa Kamu kenakan jas terunggul atau termahal dalam dunia, bila sepatu Kamu berkualitas jelek, jadi rusaklah penilaian orang pada Kamu.

Dress shoes yang berkualitas mungkin tampak mahal. Walau sebenarnya malah tambah murah serta efektif bila kita memperhitungkan lama pemakaiannya yang awet saat sekian tahun dan perasaan yakin diri yang kita temukan waktu mengenakannya.

“With shoes it’s all about quality, quality, quality.” Ya, tidak ada kompromi dalam soal kualitas sepatu. Lebih baik mempunyai 2 atau 3 pasang sepatu berkualitas dari toko sepatu safety di glodok , dibanding mempunyai 10 pasang sepatu yang biasa saja.

Bagaimana tahu kualitas dari sepatu?
Sepatu yang berkualitas bisa kita kenali dari konstruksinya, serta ada banyak hal yang butuh Kamu kenali tentang perihal ini:

Sepatu yang berkualitas mesti terbuat dari kulit asli. Begitupun sisi sole / tapak sepatu pun terbuat dari kulit yang baik. Biasanya sepatu yang berkualitas bisa di refurbsihed atau di perbaharui sampai seringkali.
  • Sisi sole mesti di jahit di bagian bawah sepatu, bukan di lem 
  • Sisi dalam sepatu pun terbuat dari kulit berkualitas tinggi, contohnya calfskin atau kulit anak sapi, bukan terbuat dari susunan karet atau yang lain. 
  • Jahitan sepatu mesti rapi serta hampir tidak tampak 
Berikut gambar dari konstruksi basic sepatu resmi/dress shoe yang saya temukan dari Details.com :

1. Tali sepatu / laces 
Sepatu resmi ada 3 type yakni oxford, loafers serta boots. Untuk type yang memakai tali  sama dengan gambar diatas di namakan Oxford. Ada satu bukti jika sepatu resmi dengan tali terlihat lebih baik dengan setelan jas dibanding type slip-on / loafers.

2. Warna 
Penentuan warna sepatu mesti di cocokkan dengan baju / jas yang di gunakan dan acara yang akan didatangi. Warna hitam pas untuk acara seperti presentasi usaha, meeting dengan client atau acara sah yang lain.  Sepatu warna coklat bisa di padankan dengan setelan jas berwarna biru navy atau charcoal / abu-abu.

3. Bahan Sepatu 
Ada banyak type bahan sepatu yang bisa Kamu pilih, tapi bahan glossy leather ialah pilihan yang aman. Kamu dapat juga coba sepatu memiliki bahan suede atau bahan eksotis seperti kulit buaya serta yang lain.

4. The Toe/Ujung Sepatu 
Ujung sepatu/toe berupa elips atau runcing tampak lebih berkualitas dibandingkan dengan yang berupa persegi. Tapi banyak pula ujung sepatu persegi yang tampak mewah. Untuk sepatu yang berupa elips modelnya classic serta belum pernah tertinggal zaman.

5. The Welt 
Welt ialah sela pada sisi atas sepatu serta sisi sole (6). Sepatu yang berkualitas mempunyai jarak welt yang cukuplah dekat, akan tetapi masih tetap bisa tampak.

6. Sole 
Sole ialah sisi bawah sepatu yang semestinya di jahit, bukan di lem. Diluar itu, sole sepatu yang berkualitas terbuat dari kulit juga  serta cukuplah tebal ukurannya seputar seperempat inci.

7. Broguing 
Broguing ialah seperti hiasan di bagian ujung sepatu, yang umumnya berbentuk jahitan dekoratif serta berlubang yang fungsinya menjadi saluran keluar masuk hawa. Satu sepatu bisa jadi mempunyai broguing ataukah tidak. Tapi yang butuh di ingat, sepatu yang tidak mempunyai broguing tampak lebih resmi.

About B Hartanto

B Hartanto
Recommended Posts × +